11 Bahaya Tidur Dekat Smartphone

11 Bahaya Tidur Dekat Smartphone - Dibalik manfaat dari Smartphone yang dapat mempermudah komunikasi, penyimpanan, permainan maupun keamanan ternyata Smartphone juga memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Yang berbahaya dari smartphone sebenarnya adalah Sinyalnya / Radiasinya. Sinyal yang dipancarkan oleh smartphone kabarnya bisa mempengaruhi fungsi  organ yang ada didalam tubuh kita. Dan jika terpapar dalam frekuensi yang cukup sering bisa menimbulkan penyakit berbahaya, apalagi jika anda tidur di dekat smartphone. 

Lantas apa saja bahaya tidur didekat ponsel ? Mari simak

11 Bahaya Tidur Dekat Smartphone



1. Memicu Tumor Otak


Ponsel memiliki radiasai yang bisa memicu petumbuhan neoplasma, yang diakibatkan oleh regenerasi sel yang tidak berjalan semestinya. Berdasarkan pada pengamatan kasus yang sudah terjadi, tumor otak sering dialami oleh orang dewasa yang masih berusia produktif

Namun penyakit di atas juga bisa diderita oleh anak-anak dan mereka yang berusia lebih muda. Memang, sempat ada perdebatan mengenai hal ini, namun ada baiknya mulai sekarang kita mulai mencoba menghilangkan kebbiasaan tidur didekat Smartphone untuk berjaga-jaga terhadap kemungkinan terburuk.


2. Memicu Kanker Otak



Radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh smartphone sangatlah tinggi. Pasti anda pernah mengalami menonton televisi gambarnya bergoyang dan ada garis hitam putih dan tidak lamaakan muncul notifikasi pemberitahuan dari ponsel anda, jika ponsel dengan televisi.

Hal itu membuktikan bahwa radiasi smartphone sangatlah tingggi. Jika anda tidur dengan posisi smartphone dekat kepala akan sangat membahayakan dalam waktu jangka panjang bagi kesehatan otak anda.


3. Memicu Kegemukan



Pada saat istirahat, terutama malam hari tubuh menghasilkan hormon yang dapat mengatur konversi makanan dan minuman yang dapat menjadi energi.

Namun apabila pada saat istirahat tersebut ada smartphone didekat tubuh maka ponsel tersebut akan mengeluarkan cahaya ambient dari lampu ponsel sehingga mengganggu pelepasan melatonin dan mencegah tubuh untuk membakar makana secara efesien menjadi energi.


4. Menghambat Pertumbuhan Fisik


Tidur dekat smartphone ternyata juga dapat menghambat pertumbuhan fisik pada anak, Dan jangan heran jika anak anda sulit bangun pagi, datang terlambat sekolah, bisa jadi karena malamnya dia kurang tidur dan pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan fisiknya.


5. Mengganggu Tidur


Panjang gelombang pendek yang dipancarkan oleh smartphone terutama pada saat pengisian baterai terkadang mengganggu kondisi tidur pada beberapa orang, selain itu juga membuat terbangun.


6. Mengakibatkan Kepala Pusing


Ternyata radiasi ponsel benar-benar tidak bisa dianggap remeh. Setelah sebelumnya diklaim mampu menimbulkan tumor dan kanker, dalam taraf yang lebih ringan, gelombang RF yang timbul dari perangkat smartphone akan membuat kita merasa sakit kepala, dan pusing.

Bergantung pada kondisi masing-masing orang, tidak jarang ada yang merasa mual dan ingin muntah.


7. Penglihatan Jadi Kabur


Jika anda tidur, sebaiknya jauhkan smartphone dari pandangan mata. Menggunakan smartphone dalam keadaan temaram atau gelap, akan memaksa mata bekerja menerima cahaya yang masuk, hal ini akan merusak penglihatan.

Smartphone mengeluarkan cahaya yang disebut blue light, cahaya tersebut dapat menghambat produksi hormon melation yang membuat sulit memejamkan mata.


8. Wajah Lebih Cepat Keriput


Radiasi yang dihasilkan smartphone akan terpapar secara langsung kekulit. Jika tidur dekat smartphone dan menimbulkan hasil yang kurang baik bagi kesehatan kulit.


9. Membuat Lelah


Bahaya yang satu ini ada hubungannya dengan kualitas tidur. Ketika anda mencoba untuk membuat tubuh berada dalam keadaan terlelap, pikirannya tetap sadar dan mencoba mengingat-ingat informasi apa yang ingin kamu cari di smartphone.

Akibatnya, otaknya tidak mendapat cukup waktu untuk beristirahat dan keesokan harinya kita tetap merasa lelah dan mengantuk, meski sudah melahap cukup banyak waktu untuk beristirahat.


10. Mengganggu Metabolisme Tubuh


Radiasi yang timbul oleh ponsel ternyata juga sanggup mempegaruhi proses metabolisme yang ada didalam tubuh kita. Ketika sedang tidur, tubuh akan berusaha memaksimalkan untuk melakukan proses metabolisme.

Nah proses tersebut akan megalami gangguan jika tidur kita tidak terlalu nyeyak dan ditambah lagi, mendapat paparan radiasi dari ponsel. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga mengatakan bahwa radiasi ponsel bisa membuat kita merasa lelah dan gelisah.


11. Membuat Jari Lelah


Meski terlihat sebagai kegiatan sederhana, mengoperasikan smartphone atau ponsel terlalu lama bisa membuat jari-jari anda menjadi cepat lelah. Hal ini terutama terjadi ketika sedang berada ditempat tidur dan tengah menggunakan smartphone dalam posisi berbaring dan gadget berada diatas kepala.

Selang waktu 10-20 menit, jari-jari akan merasa lelah dan kondisi ini bertahan hingga keesokan harinya. Oleh karena itu sebaiknya smartphone tidak perlu disimpan didekat tempat tidur agar kita tidak tergoda untuk menggunakannya.

Baca Juga Artikel Dibawah ini :

Tips Cara Mengetahui Aplikasi Android Yang Membawa Virus

Saran Saya :


Sebaiknya anda mematikan smartphonen, tablet atau laptop menjelang tidur guna megurangi pancaran sinar radiasi dari mereka, atau minimal menjauhkannya dari tempat tidur sebelum tidur.

Bukankah mencengah jauh lebih baik dari pada mengobati.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu para sahabat pengunjung sekalian. Sekian terima kasih


5 comments:

  1. wah thanks gan bermanfaat sekali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan thanks juga udah berkunjung :>)

      Delete
  2. makasih sob, infonya sangat memberi pelajarn buat saya, ternyata selama ini hp sangat berpengaruh pada kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob,, memang sekarang sudah jaman maju, banyak sekali yang terbiasa seperti ini, terima kasih juga udah mampir kesini :)

      Delete
  3. Wah Duplikat artikel blog saya ini .
    http://bangrinoblog.blogspot.co.id/2015/10/11-bahaya-tidur-dekat-smartphone.html

    ReplyDelete

Powered by Blogger.